Jalur Pendidikan Non Formal
1. Program pembelajaran pada TPA, KB dan bentuk lain yang sederajat merupakan seperangkat program pembelajaran yang disusun berdasarkan tahap perkembangan anak.
2. Program pembelajaran disusun mencakup semua aspek pertumbuhan dan perkembangan anak yakni: moral dan nilai agama, sosial, emosional, dan kemandirian, bahasa, kognitif, seni, dan fisik/motorik sebagai satu kesatuan kegiatan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang, dan mendorong kreativitas serta kemandirian Program pembelajaran disusun berdasarkan pengelompokan usia, yakni:
1) Program pembelajaran untuk anak usia lahir – 1 tahun
2) Program pembelajaran untuk anak usia 1 – 2 tahun
3) Program pembelajaran untuk anak usia 3 – 4 tahun
4) Program pembelajaran untuk anak usia 4 – 5 tahun
5) Program pembelajaran untuk anak usia 5 – 6 tahun
1Program pembelajaran dilaksanakan secara luwes dan terpadu dengan memperhatikan kebutuhan dan kepentingan terbaik anak serta memperhatikan kecerdasan beragam anak.
1. Pengembangan program pembelajaran didasarkan pada prinsip bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain dengan memperhatikan perbedaan bakat, minat dan kemampuan masing-masing peserta didik, sosial budaya serta kondisi kebutuhan masyarakat setempat
2. Pengembangan program pembelajaran harus mengintegrasikan kebutuhan peserta didik terhadap kesehatan, gizi, dan stimulasi psikososial termasuk kesejahteraannya.
3. Program pembelajaran dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan relevansinya oleh satuan pendidikan.
Jalur Pendidikan formal
a. Program pembelajaran TK, RA, BA dan bentuk lain yang sederajat dikembangkan untuk mempersiapkan peserta didik memasuki SD,MI atau bentuk lain yang sederajat.
b. Program pembelajaran TK dapat dikelompokkan dalam :
1) Program pembelajaran agama dan akhlak mulia
2) Program pembelajaran sosial dan kepribadian
3) Program pembelajaran pengetahuan dan teknologi
4) Program pembelajaran estetika, dan
5) Program pembelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
c. Semua kelompok program pembelajaran terdiri dari : pengembangan moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional dan kemandirian berbahasa, kognitif, seni, fisik/motorik. Untuk menyederhanakan lingkup program pembelajaran dari tumpang tindih serta untuk memudahkan guru menyusun program pembelajaran yang sesuai dengan pengalaman mereka, maka aspek-aspek perkembangan tersebut dipadukan dalam bidang pengembangan yang utuh mencakup bidang pengembangan pembiasaan dan bidang pengembangan kemampuan dasar
d. Penyelenggaraan program pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan mendorong kreativitas serta kemandirian.
e. Program pembelajaran disusun dengan memperhatikan tingkat perkembangan fisik dan psikologis peserta didik serta kebutuhan dan kepentingan terbaik anak dan dilaksanakan secara berkelanjutan
f. Pengembangan program pembelajaran TK di didasarkan pada prinsip bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain dengan memperhatikan perbedaan bakat, minat dan kemampuan masing-masing peserta didik, sosial budaya serta kondisi kebutuhan masyarakat setempat
g. Pengembangan program pembelajaran harus mengintegrasikan kebutuhan peserta didik terhadap kesehatan, gizi, dan stimulasi psikososial.
h. Program pembelajaran dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan relevansinya oleh satuan pendidikan.
Cakupan Program Pembelajaran Pendidikan Anak
Usia Dini
No
|
Program Pembelajaran
|
Cakupan
|
1
|
Agama dan
akhlak mulia
|
Peningkatan
potensi spiritual peserta didik melalui contoh pengalaman dari pendidik agar
menjadi kebiasaan sehari-hari, baik di dalam maupun di luar sekolah, sehingga
menjadi bagian dari budaya sekolah
|
2
|
Sosial dan
kepribadian
|
Pembentukan
kesadaran dan wawasan peserta didik atas hak dan kewajibannya sebagai warga
masyarakat dan dalam interaksi sosial serta pemahaman terhadap diri dan
peningkatan kualitas diri sebagai manusia sehingga memiliki rasa percaya diri
|
3
|
Pengetahuan
dan teknologi
|
Mempersiapkan
peserta didik secara akademik memasuki SD, MI atau bentuk lain yang sederajat dengan
menekankan pada penyiapan kemampuan berkomunikasi dan berlogika melalui
berbicara, mendengarkan, pra membaca, pra menulis dan pra berhitung yang
harus dilaksanakan secara hati-hati, tidak memaksa, dan menyenangkan sehingga
anak menyukai belajar.
|
4
|
Estetika
|
Meningkatkan
sensitivitas, kemampuan mengekspresikan diri dan kemampuan mengapresiasi
keindahan dan harmoni yang terwujud dalam tingkah laku keseharian
|
5
|
Jasmani,
olahraga dan kesehatan
|
Meningkatkan
potensi fisik dan menanamkan sportivitas serta kesadaran hidup sehat dan
bersih.
|
STRUKTUR PROGRAM PEMBELAJARAN, WAKTU BELAJAR
DAN KALENDER PENDIDIKAN
A.
Struktur Program Pembelajaran
1. Jalur Pendidikan Non Formal
Aspek Pengembangan
|
|
A. Pembiasaan
|
1. Moral dan
nilai-nilai agama
2. Sosial, emosional dan kemandirian
|
B. Kemampuan
Dasar
|
1. Bahasa
2. Kognitif
3. Fisik/Motorik
4. Seni
|
2. Jalur Pendidikan Formal
Bidang Pengembangan
|
Alokasi Waktu
|
|
A.
Pembiasaan
|
1. Moral dan nilai-nilai agama
2. Sosial, emosional dan
kemandirian
|
|
B. Kemampuan
dasar
|
1. Berbahasa
2. Kognitif
3. Fisik/Motorik
4. Seni
|
|
Jumlah jam
per minggu
|
15 jam
|
WAKTU BELAJAR
Program
pembelajaran pada anak usia dini untuk TK /RA dan bentuk lain yang sederajat
menggunakan beban belajar satu tahun dalam bentuk perencanaan semester,
perencanaan mingguan dan perencanaan harian. Perencanaan program pembelajaran
di TK / RA dan bentuk lain yang sederajat adalah perencanaan mingguan efektif
dalam satu tahun pelajaran (2 semester) adalah 34 minggu, dengan jam belajar
efektif adalah 2,5 jam (150 menit). Perminggu adalah 15 jam (900 menit)
pertahun adalah 510 jam (30.600 menit).
Perencanaan
program pembelajaran pada Kelompok Bermain adalah : (1) Usia 2 - 4 tahun
kegiatan bermain per minggu minimal tiga kali pertemuan. Setiap pertemuan
minimal selama dua jam dengan pertemuan ideal selama 4 jam.
Perencanaan
program pembelajaran pada Taman Penitipan Anak adalah sebagai berikut: (1) Full day care anak dititipkan sehari
penuh dari jam 08.00 sampai dengan jam 17.00, (2) Semi day care anak dititipkan hanya setengah hari dari jam 08.00
sampai dengan 12.00 atau jam 12.00 sampai 17.00, (3) insidental day care anak hanya dititipkan sewaktu-waktu sesuai
dengan kebutuhan orangtua.
Perencanaan program
pembelajaran pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Sejenis adalah layanan
minimal yang hanya dilakukan 1 – 2 kali/minggu. Tiap
pertemuan minimal selama 2 jam dengan pertemuan ideal selama 6 jam.
KALENDER PENDIDIKAN
Kalender pendidikan
anak usia dini mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif, waktu
pembelajaran efektif dan hari libur. Kalender pendidikan tersebut disesuaikan
dengan kondisi daerah setempat.
0 komentar:
Posting Komentar